Spesial Promo Toyota Medan. Hubungi Rizky (Sales Executive Toyota Deltamas Medan) untuk informasi dan promo terbaik.

Tips merawat mobil di musim hujan

Merawat mobil dengan baik di musim hujan sangat penting untuk memastikan performa dan keamanannya tetap optimal. Musim hujan dapat menimbulkan beberapa tantangan, seperti banjir, air genangan, dan kelembaban tinggi, yang dapat mempengaruhi kondisi mobil. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat mobil di musim hujan:

  1. Periksa Sistem Rem: Pastikan sistem rem mobil berfungsi dengan baik. Rem yang aus atau aus dapat menyebabkan pengereman yang kurang efektif, yang sangat berbahaya ketika mengemudi di jalan licin.
  2. Cek Kondisi Ban: Pastikan tekanan ban sesuai dengan rekomendasi pabrik. Selain itu, pastikan ban memiliki alur yang cukup dalam (minimal 1.6 mm) untuk memaksimalkan cengkeraman pada permukaan jalan yang basah.
  3. Ganti Wiper Kaca: Pastikan wiper kaca dalam kondisi baik dan ganti jika sudah mulai aus. Wiper yang efektif membantu menjaga visibilitas selama hujan deras.
  4. Periksa Sistem Pencahayaan: Pastikan semua lampu kendaraan berfungsi dengan baik, termasuk lampu utama, lampu rem, lampu belakang, dan lampu sein. Lampu yang tidak berfungsi dapat menyebabkan risiko kecelakaan.
  5. Lindungi Cat Mobil: Sebelum musim hujan tiba, lakukan perawatan cat mobil seperti perawatan cuci, poles, dan lapisan pelindung untuk melindungi cat dari korosi akibat air hujan dan lumpur.
  6. Bersihkan dan Pelumas Karet: Pastikan karet pintu, karet jendela, dan segel lainnya bersih dari kotoran dan debu. Gunakan pelumas silikon untuk menjaga karet tetap lentur dan mencegah air masuk ke dalam kabin.
  7. Hindari Genangan Air: Selalu hindari mengemudi melalui genangan air yang dalam atau tidak diketahui tingginya. Air yang masuk ke dalam komponen kendaraan bisa menyebabkan kerusakan serius.
  8. Periksa Sistem Pendingin: Pastikan sistem pendingin mobil berfungsi dengan baik untuk mencegah mobil mengalami masalah suhu yang tinggi selama perjalanan panjang di musim hujan.
  9. Perawatan Berkala: Lakukan perawatan mobil secara berkala sesuai dengan panduan yang diberikan oleh produsen. Ini termasuk pergantian oli, filter, dan pemeriksaan secara menyeluruh.
  10. Simpan Segera Setelah Digunakan: Setelah digunakan saat hujan, usahakan untuk segera mencuci mobil Anda setelah kembali pulang. Air hujan mengandung berbagai kotoran dan zat kimia yang dapat merusak cat mobil jika dibiarkan menempel terlalu lama.
  11. Siapkan Perangkat Darurat: Selalu siapkan perangkat darurat di dalam mobil seperti pemadam kebakaran, kunci roda, alat bantu naik, dan lampu senter, jika terjadi situasi darurat di jalan.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat menjaga mobil Anda dalam kondisi prima selama musim hujan dan mengurangi risiko kerusakan serta kecelakaan selama berkendara di kondisi basah.